rss

Friday 19 February 2010

Tour D Cirebon

Sabtu 16 Januari 2010 pagi, jam 6 si Fuji sudah meluncur menuju Bundaran sukarno Hatta Cibeuereum, dan disitu sudah menanti Om Jack(Persib) dengan Folkernya sedang menyantap gorengan plus lontong, saya pun ikut nimbrung dengan melahap molennya, tak berapa lama kemudian Koko pun tiba dengan sepedah balap merahnya dan langsung ikutan menyantap gorengan yang dibawa Om jack, Om Sony BU dan Kiki berhalangan karena ada keperluan lain, jadi hanya kami bertiga saja yang akan melakoni tour Bandung-Cirebon sejauh kurang lebih 130 km memenuhi undangan tuan rumah, Johan yang bersama teman sekantor lainnya sekitar 20 orang akan berangkat sekitar jam 8-9 dengan menggunakan motor.

Jam menunjukan pukul 6.45 ketika kami bertiga memulai perjalanan dari Bundaran Sukarno Hatta menuju Cirebon via Sumedang, Majalengka, RajaGaluh – Sumber. Dan perjalanan bareng dengan sepedah balap sudah tidak asing lagi bagi siFuji, hanya kali ini siFuji make ban Kecil 26 -1.15 jadi mudah-mudahan bisa mengimbangi dan tidak terlalu terlalu jauh tertinggal seperti saat touring ke Pangandaran Agustus tahun tahun yang lalu.

Touring ini adalah program penyegaran buat saya dan SiFuji yang sudah agak sedikit jenuh dengan trek-trek pendek, yang nanjak  dan beroffrot ria di daerah Bandung dan sekitarnya, jadi dengan Touring OnRoad Bandung-Cirebon kali ini mudah-mudahan membawa semangat dan pengalaman baru. Hanya satu target saya kali ini, yaitu jangan sampai kaki Kram, sebab di dua perjalanan On Road terakhir yaitu Agustus 2009 (Pangandaran) dan November 2009 (Cianjur) Kram kaki selalu menyertai.

Etape pertama Bandung-Sumedang dijalani cukup mudah, dengan kecepatan rata-rata 30-32 km/jam, kecepatan ini disesuaikan oleh kedua kawan seperjalanan saya, karena kalo lebih dari itu siFuji akan ketinggalan apalagi kalo jalan datar atau turunan yang tidak terlalu curam, tapi kalo untuk tanjakan serta turunan yang ekstrim sih  siFuji masih bisa mengimbangi kedua sepedah balap itu di turunan modal nekad, ditanjakan modal latihan Bengkoan. Etape ini dilalui dengan cukup lancar dengan waktu tempuh kurang lebih 1 ½ jam an lah. dan di Sumedang ini kita isi bensin dulu sarapan Nasi panas n Telor ceplok plus Tahu Sumedang Sakaranjang …

Etape ke 2 sebenarnya sih ngga ditentukan di mana-mana karena kami bertiga belum tau medan yang ditempuh kalo lewat majalengka-rajagaluh-sumber, perkiraan sih kalo ngga di Majalengka  Raja galuh lah.  Dan ternyata jalan yang kita lewati tidak seperti jalur Pantura yang relative datar serta Lebar, jalan yang kami lewati ini selain lebih sempit juga mempunyai medan yang selain datar juga divariasikan dengan tanjakan-tanjakan ringan. AKhir Etape II ini akhirnya kita putuskan di Majalengka karena selain bahan bakar sudah menipis juga arah selanjutnya menuju Raja Galuh, Sumber-Cirebon masih belum jelas.

Recharge perbekalan kami lakukan di Indomart Majalengka dengan mengisi penuh rapidon dengan air serta beberapa buah Apel untuk bekal diperjalanan menuju etape selanjutnya Sumber-Cirebon. Di etape ini pun jalan tidak banyak berubah Datar, divariasikan turunan dan tanjakan ringan yang sangat cocok untuk sepeda balap, sehinnga dalam perajalan di etape ini beberapa kali Om Jack ”Persib” dan Koko memperlambat laju sepedahnya karena saya ketinggalan cukup jauh dari mereka saya hanya bisa mengimbangi di kecepatan 30 sd 32  km/jam, lebih dari itu wuzzzzz hilanglah mereka.

Bertepatan saat Adzan dzuhur kami tiba di Wilayah Pemda Sumber, dan Tuan rumah, Om Johan memang rumahnya di Sumber ini yang tepatnya sekitar 7-8 Km dari Cirebon, dan jarak tempuh yang tercatat adalah 128.9 km, ternyata lumayan juga kalo dirata-ratakan kami menempuh jarak tersebut selama kurang lebih 6 jam dengan kecepatan sekitar 20 Km/jam.

Teman-teman motoris baru nongol satu jam kemudian , ternyata selain terlambat berangkat, dalam perjalanan mereka terpecah-pecah menjadi 4 grup, baru sampai gasibu saja katanya mereka sudah terpencar pencar, lucunya kepala rombongan baru sadar kalo yang dibelakangnya ternyata bukan teman-temannya ha ha ha. . . .

Setelah Makan siang bareng yang dilanjutkan murak duren para motoris kembali pulang sedang kami yang pake sepeda berencana akan menginap dulu di keponakannya Om Jack di Cirebon sebelum melanjutkan gowes balik ke Bandung besok harinya

Dalam perjalanan menuju rumah keponakan Om Jack saya sempat berpesan agar nanti diantar untuk mencari warung Empal Gentong, karena pengen rasanya mencicipi hidangan khas Cirebon itu ditempat asalnya, namun karena perut ini masih kekenyangan, diputuskan nanti malam saja menunggu perut agak kempesan sedikit, biar nanti terasa nikmatnya makan empal gentong …

Sore hari, meskipun perut masih kenyang ponakan Om Jack sudah ngajak makan Empal Gentong, kesampean juga akhirnya makan Empal Gentong di Cirebon, tinggal Nasi Jamblang nya neh yang belon, besok mungkin pas mau pulang. Selesai Makan, jamuan belum juga tuntas, di perjalanan pulang kami mampir di tukang durian dan membeli sekitar 6 atau 7 buah, wah bakalan “Never Ending stories of Makan”.neh , dan emang betul begitu tiba kami langsung pesta durian sambil nonton PERSIB maen, sampai-sampai “kamerkaan” neh  perut, udah rambutan, jeruk, Empal Gentong dan sekarang Durian wahhhh mau meletus neh kayanya perut, sampai ngga abis tuh durian yang biasanya kalo ada tak akan tersisa, dan hanya kantuklah yang akhirnya memisahkan kami dengan Durian itu  zzzzzzzzzzzzzzzzzzz
Pagi-pagi setelah sholat shubuh kami bertiga pun siap-siap buat perjalanan pulang dengan rute jalan Pantura yang relative datar , biar agak sedikit ringan sehingga masih ada tenaga buat di Tanjakan Nyalindung dan Cadas Pangeran, dan diperjalanan pulang masih di kota Cirebon Nasi Jamblang juga akhirnya tercicipi didesa Jamblang-Cirebon baru tau kalo Jamblan itu nama daerah di Cirebon.

Perjalanan Pulang tidak begitu jauh berbeda dari sisi waktu tempuh ya sekitar 6 jam an lah, dan si Fuji berjuang keras untuk dapat mengimbangi ke dua sepedah balap itu, dan seperti biasa kalo sudah tertinggal Om Jack dan Koko memperlambat laju sepedahnya dan begitu sudah dekat langsung mereka tancap gas lagi ….
”Huh lain ge nyaah nungguan the atuh nyiksa et amah  ! ”  ha ha ha ...

Saat melewati Nyalindung kedua teman saya jigana nggeus bosenen nungguan, Koko sudah tidak kelihatan lagi, hanya Om jack saja yang masih kelihatan sekitar 1 km an lah di depan saya, dan mungkin karena tenaga Om Jack yang habis dipake gegeberan silih Jebred dengan Koko di jalan Datar sebelumnya, akhirnya beliau pun tersusul di saat- saat akhir tanjakan nyalindung, dan akhirnya gowes pun bareng sampe Sumedang, dan Koko yang sudah sampai lebih dulu akhirnya bergabung juga untuk ikut istirahat sambil mengisi perbekalan ...

Saat Pulang Sumedang Bandung Koko seperti biasa sudah melesat jauh di depan tinggal saya berdua we dengan Om Jack kokosehan ngagowes dengan sisa, sisa tenaga yang ada .. , setelah melewati Cadas Pangeran saya baru sadar kalo Om jack tidak ada lagi di belakang ... kenapa ya kempes kali atau ...., akh biar ntar ditunggu di bypass welah, dan saya pun melanjutkan perjalanan dengan sisa sisa tenaga yang ada.

Di Tanjung-sari saya bertemu dengan Nanun yang sendirian ngegowes pake sepeda Ontel, gila juga tuh Orang,  Bandung - Sumedang PP pake Onthel !, dan kami pun gowes barengan sampai di Bunderan ByPass. Setelah istirahat kurang lebih ½ jam an Om Jack baru muncul dan ternyata ”ban dalam meletus cenah jeung suku kram, sawarehna mah ripuh we euy” begitu Om Jack sasadu. Koko yang ternyata parkir sedikit di depan kami akhirnya bergabung juga.

Saat menuju Bandung kami juga bertemu rombongan Cangkilung yang baru road race ke Nagreg, jadi bareng lah kami menyusuri jalan Sukarno Hatta yang menyebalkan ! dengan penuh rasa hoream ...
Dan memang menurut Goweser yang habis melakukan perjalanan kearah Timur Bandung, jalan Sukarno-Hatta (ByPAss) ini lah jalan yang paling malas dilalui terutam saat pulangnya ...