rss

Tuesday 30 March 2010

Cikarang Bike Park & Exhibition XC Race 28-03-2010

Awalnya seh liat postingan Kang Indra (Ketua GBT), di pesbuk yang membuka ajakan untuk ikut serta pada acara "Soft Launching Cikarang Bike Park & Exhibition XC Race", saya yang memang berminat untuk ikutan, langsung "comment" menawarkan diri untuk ikut, lalu beberapa orang anggota GBT lainnya juga merespon ajakan itu,karena seatnya terbatas, dan hanya cukup untuk 3 orang plus 3 sepeda akhirnya kang Indra mengambil kebijakan bahwa yang ikut adalah 2 orang pertama yang menyatakan keikutsertaaanya di postingan beliau, dan alhamdulillah saya termasuk salah satunya dan Satria Nusantara adalah yang lainnya.

Dan dari komunikasi via inet dan sms, akhirnya disepakati bahwa kami akan berangkat minggu pagi jam 05.00 WIB ...saya akan nunggu di Pasteur di depan kantorq LAPAN ...

Rencana sih Sabtu malam sebelum berangkat minggu subuh saya akan tidur lebih cepat untuk menjaga kondisi fisik agar saat lomba nanti bisa finish dengan selamat bisi ngerakeun ..., namun karena ada "sesuatu" yang harus dibereskan akhirnya tidur pun jadi kemaleman, sekitar jam 01.00 masih culak cilek teu puguh !.

Saya terbangun ketika Alarm di HP berbunyi nyaring berulang-ulang, ufh ... sudah jam 4 lagi ternyata, dan 1/2 jam kemudian saya dan SI FUJI telah meluncur dikeheningan subuh menyusuri jalan aspal basah bekas hujan tadi malam ... menuju kantorku, tempat yang disepakati saya dan Kang Indra untuk bertemu dan selanjutnya loading dengan mobil beliau menuju Cikarang.

Sekitar Jam 1/2 6 lebih Kang Indra dan Satria pun datang, saya pun naik dan duduk di jok belakang setelah terlebih dahulu menggantung SI FUJI di rak Belakang mobil tanpa ban depan. Sepanjang perjalanan sambil ngobrol ngaler ngidul bareng Kang Indra dan Satria, pikiran saya tetap melayang membayangkan pengalaman seru yang akan saya dapatkan nanti, keder sih ada mengingat masih belum full keberanian dalam menghadapi turunan curam, apa lagi saat membaca review beberapa teman yang telah menjajaki trek nya, namun entah kenapa justru itu yang membuat saya ingin cepat sampai dan merasakan sendiri trek dengan katagori "Teknical" ini.

Di event kali ini rasa tegang seperti saat ikut race pertama di Sentul sudah sedikit berkurang apalagi ketemuan lagi sama saudara-saudara dari 1PDN, Purwakarta dan Kompas yang kemarin ikut race UpHill di Sentul , yang ada sekarang adalah rasa kepenasaran akan trek yang akan kami gunakan untuk eksebisi nanti.
Akhirnya waktu uji coba pun tiba, kami diinstruksikan untuk menuju tempat start dan saat mencoba trek diharapkan berada di belakan trek leader, dan melajulah kami semua menuju Cikarang Bike Park. Perjalanan belum juga mencapai 10 menit tapi SI FUJI sudah mogok jangan kan di gowes ... didorongpun ngga bisa ! beratttt
dan ternyata penyebabnya adalah tanah lempung basah plus jerami dan rerumputan yang nempel di ban dan sebagian nyangkut di Vbreak telah menghambat total putaran roda SI FUJI !
terpaksa deh cari ranting/dahan pohon buat bersihin kotoran tersebut, dan itu dilakukan tidak sampai 5 menit sekali ... wahhh berat neh, mana bisa ikut lomba kalo begini caranya, salah kostum kata orang sih, harusnya pake ban yang rada kecilan dan rem nya yang DiskBreak ! ...
"Aduhhh mana saya tahu atuh, orang ini pertamax ikut race XC, batal aja lah ikut lombanya," begitu pikir saya sambil menggusur SI FUJI keluar dari arena menuju jalan raya untuk kembali ke StartPoint !

Di Start Point otak neh berpikir keras bagaimana caranya supaya bisa ikut race, tanggung dong ... bendera sudah dikibarkan pantang diturunkan kembali ! ...

Meskipun tidak sampai full nyoba treknya tapi saya sudah bisa ngebayangin dan menyimpulkan tidak akan beda jauh lah dengan lintasan yang telah dilewati, turunan pendek curam, belokan tajam,bumpee, tanjakan pendek dan terjal plus pengaturan keseimbangan badan. Jadi setelah berdiskusi sebentar dengan Kang Indra akhirnya kuputuskan untuk tetap ikut race !
tapi tanpa Rem Depan !   nahhhh ????

Saat Race pun tiba dan kali ini hitungan mundur dari 5 bukan 10 ...
5 ... 4 ... 3 ... 2 ... 1 ... GO !
berserabutanlah sekitar 20-25 pembalap XC saling mendahului untuk berada terdepan saat sampai di single trek, dan saya biasa ... kalah Start dan kalah berani untuk seseledek sehingga saat saya berada di single trek berada di posisi 13 atau 14 karena seingat saya, saya bisa melewati 5 atau 6 orang pembalap sebelum akhirnya finish di urutan 8.

Sebelum race sebenarnya sudah saya persiapkan dahan/ranting untuk membersihakan ban dan rem dari tanah/rumput yang melekat, namun pada kenyataannya ngga sempat lah untuk melakukan itu. saat race ini sebenarnya sudah hampir dipastikan bisa menyusul 2 orang didepan saya karena jaraknya terasa makin  mendekat saat menjelan lap ke 2 atau terakhir, hanya saja entah kenapa dipertengahan Lap terakhir ini koq sepertinya jarak makin melebar dan kaki serasa tambah berat untuk menggowes, sampai di dua tanjakan pendek terakhir harus mengatur putaran gowesan karena kaki kanan serasa mau kram ...
"waduh bisa gawat kalau sampai kram dan tidak bisa finish !!" namun Alhamdulillah akhirnya dengan sisa-sisa tenaga yang ada bisa juga finish dengan selamat di urutan 8 ...

Di race berikutnya giliran Kang Indra yang race di Master A, beliau mah kelihatan santai banget saat start juga tidak sprint-sprintan, cuma herannya masih bisa finish di urutan 6, andai satu lagi aja tersusul bisa di podium tah c Kang Indra ! hebat uy !

Dan terakhir yang race dari GBT adalah Satria, dia juga pertamax seperti saya dan mantabnya dia harus menyelesaikan tiga Lap, beda dengan klas MAter A dan B yang cuma 2 Lap. Saat start Satria tertinggal di urutan 14, selesai lap pertama jadi menurun kira-kira di posisi 18, dan saat akan mensuplai air minum koq Satria ngga muncul-muncul wah kenapa ya, eh tau-tau muncul di luar trek, dan ternyata beliau diharuskan keluar karena telah di overlap !
it's Ok Bro ! race berikutnya InsyaAllah pasti lebih baik ...

Race ini betul-betul membawa sesuatu yang baru bagi saya dan SI FUJI, bagi saya pengalaman dan saudara bertambah banyak, bagi SI FUJi ia sudah ingin mencoba mengenakan asesoris yang baru, ban XC yang lebih kecil, Shockbreaker yang pelem, dan DiskBrake !

Ty Kang Indra Tumpangannya, mudah2 ntar bisa nebeng lagi kapan-kapan ... he he he