rss

Wednesday 3 June 2009

Ikut acara Ultah ke 1 Threeple-C .....

by : coe
Jum'at 22 Mei 2009
Sore hari sekitar pukul 16.00 akhirnya saya bisa juga menghadiri rapat pengurus dalam rangka persiapan terakhir peringatan 1 tahun berdirinya Threeple-C yang diadakan di Aula PEMKOT CIMAHI, setelah sebelumnya dalam beberapa kali rapat saya tidak bisa hadir. malu juga sih tapi gimana lagi wong rapatnya malam melulu, sementara SIKM (Surat Izin Keluyuran Malam) saya sudah lama dicabut ... :((

Belum lagi pesan Um Andre untuk ngebantu menyebarkan informasi lewat pesbuk juga tidak berjalan dengan sempurna, maka sampai hari jum'at ini jadilah saya sebagai panitia yang tidak ada gawenya , untungnya perasaan bersalah itu bisa sedikit tertebus dengan mendapat tugas dihari sabtu untuk menandai rute yang akan dilalui dengan menjadi juru Pilok dengan menyemprotaan pilok warna hijau berbentuk panah penunjuk arah dipersimpangan-persimpangan jalan yang mungkin nanti membingungkan, lalu pada hari minggu juga saya kebagian tugas dimeja penukaran kupon serta sebagai team penyapu rombongan . . .
akhirnya berfungsi juga neh si gue :))

Pada rapat jum’at hari ini Um Denny dan Um Andre menjelaskan bahwa persiapan acara sudah hampir beres ...mulai dari pendanaan, ambulan dengan tim medisnya, pengisi acara sampai pemberi sambutan dan tentunya pesertanya dan ini yang membanggakan ,target peserta yang hanya pada kisaran angka 100 orang ternyata berlipat sampai 4 kalinya, 400 s/d 450 orangan Bro ... WOW !!! ... pantastik ...,

Sabtu 23 Mei 2009
Setelah pada malam hari terlebih dahulu kontak dengan Mas Budi Setyawan sebagai koordinator pemberi tanda ahirnya kami ; Saya, Pak Wawan, Mas Budi, Mas Andri, Kang Dadan, Kang Igor, Kang Entis serta satu orang lagi yang saya lupa namanya. Melakukan perjalanan menyusuri rute yang baru pertama kali saya lewati sebagai …. Juru Pilok .
Rutenya cukup mengasyikan dengan tingkat kesulitan sedang, melalui berbagai medan dan berbagai jenis kondisi jalan, melewati perkampungan, menyusup di gang-gang rumah penduduk, melewati kebun , sawah dan saluran irigasi, mendaki menuruni bukit dengan jenis jalan bervariasi mulai dari jalan aspal, jalan berbatu, tanah merah sampai jalan setapak yang yang menuntut keseimbangan para goweser karena jalan yang benar-benar sempit dan licin ditambah oleh ranjau di kiri kanannya, sebelah kiri saluran irigasi dan kanan sawah ! ! !,
Hanya ada satu kekurangannya pada rute yang cukup sempurna ini, yaitu minimnya pohon-pohon rindang, jadi kalo besok cuaca cerah tidak berawan … saya jamin deh di menjelang finish akan banyak peserta kepanasan terbakar matahari !!1

Minggu 24 Mei 2009
Dengan tugas sebagai penjaga di meja penukaran kupon saya mesti lebih dulu datang dong dibanding para peserta,.oleh karena itu tepat pukul 05.30 saya pun berangkat menuju Pemkot Cimahi, tiba sekitar pukul 05.50 Wib, dan ternyata saya termasuk panitia yang paling ….
Telat Datang !!! , namun untungnya konfirmasi pendaftaran memang baru dilakukan tepat pukul 06.00 Wib, right on schedule, so saya masih sempat siap-siap he he he.
Dan sekitar pukul 08.00 para peserta dilepas panitia, dan sebagai swepper tentunya saya harus berada di belakang rombongan peserta terakhir, dan ini yang sedikit membuat saya bingung karena ternyata rute yang dilewati waktu sabtu kemarin ternyata tidak sama dengan rute sebenarnya … Nah !!! tapi untungnya itu tidak berlangsung lama, karena sekitar 15 menit kemudian akhirnya bertemulah saya dengan jalan menuju Pembuangan sampah yang saya lalui kemarin … legalah sudah, dan ahirnya tugas sebagai swepper bisa saya lakukan dengan tenang ditemani juru mekanik threeple-C, Kang Budi

Di jalan menuju TPA Leuwi Gajah saya bertemu dengan Ibu (yang ternyata adalah Junita Sari Siregar) Tengah selonjoran kecapaian di tanjakan pertama dikerumuni beberapa anggota threeple-C, keliatannya beliau sedikit kaget dengan medan yang tidak biasa, sehingga akhirnya beliau dievakuasi dengan motor sampai melewati tanjakan sementara sepedahnya dibawa oleh team swepper yang tadinya dibonceng motor.
Di Tanjakan jalan ini pula ada peserta yang kehabisan napas, kali ini seorang Bapak yang saya tidak tahu namanya hanya beliau mengenakan kaos seragam merah bertuliskan CCCP di depannya, kali ini team Medis ( Pa Yadi dan Pa Dokter) sedang merawat beliau dan setelah melalui pemeriksaan kondisi kesehatan akhirnya team medis memutuskan agar beliau di evakuasi berikut sepedahnya sampai Sela Cau, karena ternyata beliau bersikeras ingin melanjutkan touring ini.

Setelah melepas Ambulan mengevakuasi Bapak yang sakit itu , saya dan Aki (Pak Ojon) bersepakat melanjutkan perjalanan berdua menjadi goweser paling belakang, tapi ternyata dalam kenyataannya sampai kita di tempat Penyebrangan Saguling Maroko masih ada yang paling belakang, yaitu Pak Dokter, beliau memang banyak hobinya, selama diperjalanan pasti paling sering berhenti buat Foto-foto dan jajan jajanan kampung, entah itu bala-bala , cingcau, cendol atau yang lainnya, pokonamah enjoy banget lah beliau mah.

Di Penyebrangan Maroko Um Andre keliatan yang paling sibuk mengatur rombongan untuk naik ke perahu bargas, setiap perahu diisi dengan 10 sepeda plus yang punyanya. Sampai seluruh rombongan peserta habis dan hanya menyisakan beberapa orang saja pengurus Threeple-C, Pak Dokter belum juga muncul, dan ketika saya susul ternyata …. beliau sedang jajan bala-bala di warung dekat penyebrangan … dasar ! ! ! benar-benar dinikmati pisan touring nya. Setelah membereskan transaksi dengan para nahkoda perahu bargas akhirnya rombongan terakhir threeple-C pun bergegas menaiki perahu yang telah berisi sepeda kami masing-masing untuk menyebrangi waduk Saguling menuju desa di seberang
Perjalanan dilanjutkan dengan melalui jalan sempit diantara rumah dan kebun penduduk, diperjalanan masih ada tersisa anak-anak menyambut kedatangan kami seperti menyambut para goweser yang telah lewat lebih dahulu, dan 5 menit kemudian jalan setapak sudah terhampar di depan dengan pesawahan yang baru ditumbuhi padi dikiri-kanan tanpa ada pepohonan rindang sebatang pun !!! , panasnya minta ampun deh .... Selepas jalan ini kami pun melewati jalan desa yang cukup lebar dan sedikit beraspal yang disambung dengan jalan tanah merah melewati perkebunan dengan sedikit turunan dan lumayan tanjakan, dan di ujung tanjakan setelah melewati bukit terakhir tampak terduduk Kang Unang yang kram kakinya, dan akhirnya beliaupun dievakuasi oleh Um Andre dengan menggunakan motornya, sementara sepeda beliau saya bawa menuruni bukit ... dan bagi saya ini adalah pengalaman yang mencemaskan ... kenapa ??? ternyata ada sepeda yang jauh jauh jauh lebihhhh enaaaaak dari si ” Fuji ” ... ha ha h a

Di Bale Pare para peserta beristirahat dan makan siang dengan dihibur oleh teman-teman Konci (penggemar sepeda Ontel Cimahi) , serta pengisi acara lainnya yang telah dipersiapkan oleh panitia sebelumnya termasuk demo trial sepeda yang bikin kita terkagum-kagum.
Acara di sini diakhiri dengan potong tumpeng oleh Ketua Threeple-C Bpk Denny diiringan alunan suara Pak Dokter melantunkan lagu Selamat Ulang tahun nya Jamrud ...
Mantab juga suara Pak Dokter ini ....

Secara keseluruhan acara ini cukup sukses meskipun ada sedikit komplain dari beberapa peserta yang salah jalan dan tidak terkawal oleh panitia sehingga ketika rombongan baru saja tiba di tempat penyebrangan Maroko, mereka sudah sampai di Bale Pare Kota Baru Parahyangan, dan untuk kejadian ini serta kekurangan-kekurangan lainnya kami threeple-C memohon maaf yang sebesar-besarnya, ya ibarat pepatah “ tak ada gading yang tak retak” begitu juga kami yang nota bene masih kurang pengalaman dalam menyelenggarakan event seperti ini, dan mudah-mudahan segala kekurang saat penyelenggaraan acara ini menjadi pengalaman untuk kegiatan-kegiatan threeple-C selanjutnya.
Ammiiiiinnnn

Ini beberapa komentar dari peserta/pendukung acara 1 tahun ULTAH threeple-C di pesbuk . . .

Junita Sari Siregar at 4:55am May 25
lha, kan kalo ikut gowes lebih banyak hiburannya Mas... ada kelapa muda yang masih hijau, ada yang pingsan, adanya kecebur merembe dan ada yang maling jemuran.... jujur ini mah tau dari bapak2 yang gowes bercerita ada segitiga ikut gowes juga... warna apa toh...

Mas Amri at 12:27pm May 24
Yang paling asyik ..... manjat pohon bambu .....and di pematang banyak yang masuk selokan he..he..

Jang Romli (Indonesia) wrote
at 2:06pm on May 26th, 2009
pertama kalinya ikutan XC,langsung dikasih medan yang variatif...gilaaaaaa...baru 30km udah kram...padahal seminggu sekali ke jatinangor kuliah naik sepeda....pollll kalo ada acara lagi calling2 lah

Agen Baret Setiawan at 8:40am May 28
Succes 4 3c......mg taun dpn dilaksanakan lg....dah lebih greget lg yaa....?

Suryana Doank at 3:31am May 27
Muannntaap...ultah ke 1 aja dah menggebrak sampe2 banyak yg tigubrak ke kali dan sawah,anyway even yg keren dg trek yg banyak disukai XCers.
Salute 4 CCC especially mr.Andre
Sayang aja sy lupa nuker snack nya jd kelaperan deh dijalan untung aja banyak warung.Dan maaf ga bs ikut acara sampe selesai coz ada acara lain....BRAVO CCC