rss

Tuesday 24 February 2009

Berburu Udara bersih ke WARBAND bersama si BUngsu



by: coe

Sebenarnya si Bungsu sudah hampir kurang lebih 7 bulan lah ngga pernah ikut lagi ngagoes bareng saya, terakhir nge-goes jauh itu ke Lembang minggu tanggal 10 Agustus 2008 dan kalo tidak salah itu adalah kali ke 4 di bersepedah ke Lembang bareng saya, hanya saja saat itu entah kenapa dia hampir tidak nyampe ke lembang karena merasa kecapean, padahal 3 kali sebelumnya meskipun pelan si bungsu selalu nyampe di Lembang tanpa keluhan, dan sejak saat itu setiap saya ajak untuk ngegoes bareng ke Lembang pasti di tolaknya, ada saja alasannya ya ada film bagus di TV lah, ya mo main PS lah,atau ada acara main bola dengan teman-temannya. Dan kali inipun sebenarnya dia itu ngga akan ikut, tapi ntah kenapa malam-malam sekitar jam 9 an dia bertanya-tanya soal trek ke WARBAND



"Pah jauh ngga sih WARBAND itu ?, Dengan Lembang jauh mana Pah ? " dan ujung-ujungnya saya sudah bisa saya tebak pasti si Bungsu pengen ikut, dan benar saja dia merengek pengen ikut,tapi ngga mau pake yg BMX punya dia katanya, siBungsu pengen pake "si Fuji"...sepedah kesayangan saya, wah bisa berabe nih kalo saya ke WARBAND yang treknya penuh tanjakan
harus pake BMX, bisa kerepotan neh apa lagi tugasku kali ini sebagai sweper yang harus bolak-balik depan belakang.
Sebenarnya sepedah MTB saya masih ada satu lagi, hanya saja sepedahku yang satu itu sudah dicarter Mas Budi buat Anto anak sulungnya . Dengan berat hati dan agak bimbang saya SMS Mas Budi untuk menjelaskan kalo kemungkinan sepedah akan saya pake karena anak saya si bungsu akan ikut, untungnya Mas Budi mengerti dan beliau bilang di sms "ngga apa-apa, no problem" katanya. Namun perasaan ini tetap saja ngga enak, karena seolah-olah saya tidak menepati janji, dan akhirnya malam itu kuputuskan untuk mempersiapkan BMX nya sibungsu untuk saya pake bersepeda ngegoes ke WARBAND.

Sekitar Jam 05.00 WIB sudah kubangunkan si Bungsu Gheo untuk persiapan acara ngegoes bareng saya ke WARBAND, hari ini minggu 15 AGustus 2009 rencananya dia mau ikutan ngegoes bareng LBC, kecil-kecil juga sudah dianggap anggota soalnya udah punya kaos LBC, maklum papahnya sih yang pesen kaos ya sekalian bikin yang kecil satu buat dia, maka jadilah dia anggota LBC termuda. Biasanya si Bungsu neh paling susah kalo bangun pagi, tapi pagi ini kelihatannya pagi istimewa buat dia, karena begitu kubangunkan sambil mengingatkan bahwa hari ini kita akan ke WARBAND bersepeda hanya sekali dua kali kubangunkan dia langsung bangun sambil mengosok-gosok matanya (ciri khas si bungsu kalo udah bangun beneran) tanda dia memang benar-benar bangun, Tidak beberapa lama kemudian akhirnya kami pun telah siap untuk melakukan perjalanan bersepedah berburu udara bersih dan segar menuju WARBAND.

Saat waktu menunjukan pukul 06.00 WIB kami berdua telah siap-siap untuk menuju kantor tempat dimana semua anggota LBC berkumpul sebelum berangkat ke WARBAND, saat keluar rumah udara cukup dingin dan cuaca sedikit mendung, wah kalo sampe hujan bisa gagal neh acara namun untuk jaga-jaga sih saya dan siBungsu sudah siap-siap dengan jas hujan masing - masing. kekhawatiran saya akan turun hujan akhirnya terbukti juga baru saja beberapa goes-san hujan sudah turun, meskipun tidak besar tapi cukuplah kalo hanya sekedar bikin badan basah dan kedinginan, untungnya kami berdua sudah "on" dengan jas hujan masing-masing,jadi tidak perlu berhenti dahulu untuk memakai jas hujan, dan dibawah gerimis serta cuaca mendung kami pun meluncur menuju kantor LAPAN.

Sesampainya di Kantor ternyata beberapa anggota LBC sudah datang, Kang Dodi, H.Mamat, Mas Budi dan putranya, Apih Fendi, Um Dejan, Entis, Asep Sunarya, Andi Aries, yang belon Um Jack (jaja), Jendral dan H. Halim, setelah dikonfirmasi, Um Jack akan menyusul, Kang Jendral nunggu di simpang dago dan H.Halim ternyata berhalangan. Jam sudah menunjukan pukul 8 dan hujan belum menunjukan tanda-tanda akan berhenti, seluruh anggota sudah H2C takut kalo sampai acara batal,tapi hujan akhirnya reda juga dan matahari di timur mulai memancarkan cahayanya, dan ksetelah breffing sebentar mengenai trek yang akan dilewati yang dinjutkan
do'a bersama untuk keselamatan segenap anggota LBC, kami pun berangkat dengan KAng Dodi sebagai leadernya.

Diperjalanan dan (ternyata akhirnya sepanjang perjalanan) kami diguyur hujan , namun meskipun demikian LBC maju terus pantang mundur, Jalan yang dilalui awalnya sih biasa saja beraspal dan sedikit tanjakan, itu sampai stamplat dago, namun begitu masuk dago resort, jalan mulai turun dengan tajam yang di susul dengan tanjakan dan sepedah pun mulai mogok maju, gak bisa di goes kecuali beberapa anggota LBC yang masih kuat termasuk Om JAck yang bolak balik naik turun ikut mengontrol anggota LBC, yang paling  bontot adalah si Bungsu Gheo dikawal saya, wajah si bungsu sudah kelihatan kusam pertanda sudah ogah-ogahan nge goes, seperti biasa kubiarkan sibungsu ngegoes dulu sambil sesekali memberi semangat sampai akhirnya dia menyerah dan turun dari sepedahnya, Saya lanjutkan ngegoes meninggalkan si bungsu mendorong sepedahnya untuk menyimpan sepeda dan kemudian saya turun balik ke bawah menjemput si bungsu.
Di jalan Perumahan DAgo resort yang agak datar hampir seluruh anggota LBC sudah berkumpul, Tinggal Apih, Um Dejan, Kang Entis dan Pak Herjaman yang belum Bergabung, wah kelihatannya mereka sasab (kesasar) neh dan menurut informasi mereka langsung menuju Gua Pakar tidak keliling dulu ke Dago Resort. Kang Dodi mengusulkan agar mereka disusul, sayangnya kontak radio mati jadi kami tidak bisa kontak Motoris untuk menyusul mereka, dan akhirnya saya menjadi sukarelawan untuk menjemput mereka ke Gua Pakar. Diperjalanan saat menuju Gua pakar saya ketemu dengan Tema Motoris (Yadi), dan saya minta bantuan mereka untuk menyusul ke Gua Pakar dan meminta agar mereka bergabung di Dago Resort, namun karena sudah dekat tujuan saya pun melanjutkan perjalanan nge goes ke Gua Pakar ikut menjemput mereka, dan akhirnya saya pun bertemu mereka, hanya Um Dejan yang Ngga ada, kabarnya beliau salah jalur menuju Dago bengkok tembus di Lembang, maksud hati menyusul rombongan eh malah kesasar sampai di Lembang, diperjalanan menuju Dago Resort kami bertemu Om Jack yang ternyata ikut menyusul rombongan yang salah jalan.
Setelah seluruh Anggota minus Um Dejan Berkumpul, kami pun melanjutkan perjalanan dengan pesan khusus dari saya agar semua anggota mengikuti di belakang Kang Dodi yang bertindak sebagai leader supaya tidak terjadi lagi ada anggota yang salah jalan, satu persatu anggota LBC maju meng goes sepedahnya dan baru beberapa puluh meter saja nge goes di depan kita sudah menghadang lagi tanjakan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan panjang nya sekitar 50 meteran lah, hampir semua anggota LBC lulus di tanjakan ini termasuk si Bungsu Gheo, cuma APih Fendi yang spesialis dataran yang terpaksa turun tanjakan karena memang bukan trek kesukaannnya, bukan ngga kuat kata beliau mah tapi cape ???? wah sami keneh atuh Pih . . .
Wah perjalanan selanjutnya masih belum ada perubahan, hujan masih mengguyur, jalan makin butut dan tetap nanjak, satu persatu para LBC-er bergelimpangan turun dari sepedah, hanya satu dua orang saja yang dengan sisa-sisa tenaga yang ada masih bisa ngegoes sepedahnya. "Wah iraha mudunna yeuh nanjak deui ... nanjak deui" beberapa anggota LBC mulai babacaan.
Ditengah perjalanan rombongan yang salah jalan tadi kembali menghilang dari peredaran, karena jalan ada persimpangan saya pun menunggu sampai mereka lewat. tapi tunggu Punya tunggu eh belum menonghol juga, sayapun kembali turun memeriksa sambil memberitahu sibungsu untuk terus maju mendorong sepedah sekuatnya.Dan ternyata Apih,Pa Her dan Kang Entis sedang nongkrong we di warung sambil nyuruput teh panas dan ngaganyem roti.
"Istirahat heula Pak akh cape yeuh " Apih menjawab meskipun belum saya tanya
"Nya sok Santai wae Pih asal Ulah Lila teuing wae nya " Kata saya teh nga maklum.
Kalo dipikir mah kuat juga Apih Fendy teh, umur sudah hampir menginjak kepala 7 (tujuh) tapi fisik masih seperti umur 50 an, ya memang pantas juga kalo beliau masih cukup bugar, soalnya disamping rajin bersepedah, beliau juga rajin jalan pagi keliling Perumnas Cijerah.
Setelah mereka bertiga selesai isi bensin, saya sarankan untuk duluan berangkat soalnya nanti juga akan tersusul oleh saya, padahal sih saya juga pingin ngopi Teh Panas dulu sekalian sama rotinya, perut soalnya udah keroncongan juga neh.
"dari warung ini nanti belok kanan dan dipersimpangan nanti belok kiri terus saja naik" begitu saya arahkan beliau-beliau
5 menit kemudian saya pun berangkat menyusul rombongan, sampe di persimpangan yang saya bilang tadi saya belok ke kiri dan melihat jalan tanjakan di atas, tapi koq kemana bapak2 yg tadi ya ? padahal seharusnya menurut hitungan mereka pasti akan kesusul dan keliatan , wah jangan-jangan kesasar lagi nih, dan benar saja ketika saya bingung mau nyusul ke mana jalan lurus atau yang belok kiri, mereka bertiga muncul dari bawah sambil nyengir-nyengir malu, aduh kumaha eta teh segitu jelas belok ke kanan eh malah ambil ke kiri ???!!!
"ieu sepedahna alimmeun kanu nanjak Pak" Apih ngeles bari nyengir. Pa He dan Kang Entis pada ketawa di tahan .... beu !!!

Karena jalan masih menanjak dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan ditambah licin terguyur air hujan, sepedah pun tak kuasa untuk dinaiki semua anggota akhirnya rame-rame kompak mendorong bersama ...., dan saya pun bisa istirahat tidak bolak-balik ngecek anggota, si bungsu
dengan terseok-seok mendorong sepedahnya, kasian juga neh si Bungsu ...
Untuk ngebantu si Bungsu melewati tanjakan, saya mempercepat dorongan agar sampai di jalan yang agak mendatar, untuk kemudian menyimpan sepeda lalu turun mengambil sepeda si Bungsu dan membawanya sampai melewati sepeda saya lalu balik dan turun lagi membawa sepeda saya dan sepeda si bungsu secara bergantian sampai akhirnya sampai di jalan yang mendatar dengan view Bandung terlihat di belakang kami, dan kami pun beristirahat sekalian berfoto bersama sebagai kenang-kenangan dan untuk dokumentasi LBC. Si bUngsu kelihatan sumringah karena dia mendengar Obrolan Kang Dodi bahwa ini adalah tanjakan terberat terakhir dan selanjutnya, akhirnya kulihat juga senyuman si Bungsu Gheo ...

Setelah pengambilan foto dan istirahat selesai kami pun melanjutkan perjalanan, dan jalan aspal berkerikil yang menurun tajam dengan kemiringan sama dengan tanjakan tadi langsung menyambut kami, dan sepedah pun berserabutan turun dengan penuh kegembiraan, ada juga sih jalanan menanjak cuma tidak separah sebelumnya, si bungsu pun tidak kelihatan batang sepedahnya karena saya harus dibelakang sebagai penyapu, tapi yang penting si bungsu tidak bertemu jalan nanjak lagi. KOndisi jalan kemudian berubah menjadi tanah dan berlumpur, dan beberapa anggota LBC pun berjatuhan akibat licin Om jack pun sampai kram perut segala, tapi untung cepat pulihnya jadi beliau masih sanggup melanjutkan perjalanan.
Tiba di warung BAndrek para LBC-er tidak berhenti, tapi dilanjutkan menerobos perumahan dan jalan setapak untuk menuju Jembatan di dekat MAribaya, Di jalan setapak ini yang paling seru, coba saja bayangkan ... jalan menurun bervariasi sekitar 30 s/d 60 derajat, licin, berlumpur, akar dan batu bercampur di tengah jalan, wah pokonya hampir semua berjatuhan, tidak ada yang bersih saya (sih menyebut trek ini adalah jalur tamiya), dan si bungsupun bercerita dengan gembira bahwa dia pun jatuh terpeleset sampai tiga kali, ternyata anak-anak mah lebih senang jatuh dari pada nanjak ya, atau kita pun orang tua sama kali ya ??? Dan ngomong-ngomong soal jatuh nih ternyata kang Dodi dan KAng Jendral ge sama jatuh juga, apalagi Kang Jendral cenah mah beliau jatuh ngagolosor bareng sepedahnya.

selepas jalur tamiya tadi kami akhirnya melewati jalan paving blok yang terbentang sampai ke gua Pakar, dan di sana team motoris yang hampir ngga ada fungsinya tea sudah menunggu sambil cungar cengir. akhirnya kami pun makan bareng, selesai makan Apih, Om Jack dan Kang Didin muncul bergabung dilanjutkan makan juga, dan di warung tempat makan kami semua bertukar cerita sambil bercanda mengenaia jalanyang kami lewati tadi.

Diperjalanan pulang saya bareng lagi dengan si bungsu, dan sambil ngobrol tentang perjalanan tadi tidak terasa kami pun sudah sampai lagi di kantor LAPAN, dan ketika si bungsu saya di tanya " mau ikutan lagi ngga nanti kalo ada acara begini lagi", dengan semangat dia menjawab "mau pah mau ..."







0 comments:


Post a Comment